Selasa, 21 November 2017
   EN   

I Info BKIPM

Kolaborasi BBKIPM Jakarta 1 dan SKIPM Jambi dalam Pelepasliaran Kura-Kura Pipi Putih

Pada hari Kamis, tanggal 07 September 2017 Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Jambi bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi dan Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Satker Pekanbaru melepasliarkan Kura-Kura Pipi Putih (Siebenrockiella crassicollis) sebanyak 76 ekor di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Orang Kayo Hitam, Kabupaten Muaro Jambi. Hasil dari penahanan yang dilakukan BBKIPM Jakarta 1 karena tidak dilengkapi dengan persyaratan pendukung yang berupa Convention on International Trade Endangered Species Of Wild Flora and Fauna (CITES). Rencananya Kura-Kura Pipi Putih ini akan diekspor ke Tiongkok. Satwa akuatik ini dalam CITES termasuk Appendix II yang dapat dijual bebas namun kuotanya diatur  ketat.

Kawasan Tahura Orang Kayo Hitam dipilih sebagai tempat pelepasliaran karena merupakan daerah konservasi berupa daerah gambut yang perairannya cukup terjaga dengan sungai-sungai kecil yang mengalir sepanjang tahun. Kondisi ini cocok sebagai habitat satwa akuatik ini.

Dengan dikembalikannya ke alam diharapkan dapat berkembangbiak dan populasinya terjaga dan dapat dimanfaatkan pada masa-masa mendatang serta menjadi media edukasi bagi masyarakat dan pelaku usaha agar dapat memenuhi ketentuan yang berlaku dalam melakukan kegiatan usahanya.

Komentar


Search